(just) continue to surrender (lah)..

my life, my story, my oh my..

Thursday, June 15, 2006

Unimportant Tips #3

Cara belajar efektif
(I’m giving away these tips because I don’t need it anymore. I found it unimportant.)

Menurut lecturer gw, cara belajar yang paling efektif adalah membuat situasi belajar semirip mungkin dengan situasi ujian. Tujuannya adalah mempermudah retrieval dengan memperbanyak cues untuk meretrieve pelajaran yang sudah dipelajari (ya iyalah. Kalo belom dipelajarin apa yang mau diretrieve?). Contohnya kalo lo ujian di lapangan ya sebisa mungkin lo belajar dilapangan yang dipake buat ujian (ujian apaan sih? PDPT sepak bola ya?). Atau kebalikannya. Misalnya kalo lo biasa belajar dengan botol minuman di depan lo, berarti pas ujian lo bawa botol minuman yang sama. Kalo lecturer gw ngasih contohnya lo belajar trus di depan lo ada botol Gatorade warna merah. Berarti pas ujian lo bawa Gatorade warna merah buat cues lo.
Tapi menurut gw cara ini ga efektif. Bayangin aja. Gw biasa belajar dengan buku di depan gw. Kan ga mungkin gw bawa2 buku pas ujian. Gw juga biasa belajar sambil dengerin musik. Ga mungkin juga kan gw pasang musik pas ujian?
Trus tipsnya apa ya?
Be your self aja deh..hahahaha gagal banget.

3 Comments:

Blogger [dianikarini] said...

lo kalo belajar bukannya bawa cewe ya? :P
hihihihi...kiddin'!

1:39 am  
Anonymous Anonymous said...

wah gan..kalo gw blajar sambil liat kas**s bb17 gimana caranya?

5:58 pm  
Blogger The puppy and the Bear said...

lha... kalo belajarnya sambil nonton tv gimana caranya y ? pantes aja pas ujian gue ga pernah sukses...

5:28 am  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home